Tips Tampil Cantik Berkilau nan Alami


Liputan6.com, Jakarta: Ratusan produk kecantikan tradisional hingga modern menawarkan sisi kecantikan lebih wajah Anda. Namun demikian, pada dasarnya setiap wanita memiliki kecantikan alami yang terpancar dari dalam. Hanya saja, diperlukan perawatan alami terutama sedikit pengorbanan dengan mengubah gaya hidup Anda, berikut lima tipsnya:

1. Berolahraga
Biasakanlah berolahraga secara rutin minimal seminggu sekali, terutama saat berakhir pekan. Dengan gerakan olahraga yang terpadu seperti berlari, senam hingga bersepeda mampu menggerakan seluruh sendi dan otot tubuh Anda. Sehingga aliran darah akan terpompa ke seluruh bagian tubuh, tak terkecuali pada bagian pipi. Alhasil, warna rona merah segar hadir diwajah Anda terlihat secara natural.

2. Memikmati makanan sehat

Percaya atau tidak, makanan yang dikonsumsi akan di bagian wajah Anda. Sebab makanan merupakan sumber utama energi bagi tubuh, termasuk sel kulit. Jika Anda memperbanyak makanan yang tidak sehat terutama yang mengandung minyak berlebih maka wajah Anda bisa berjerawat. Cobalah, mulai mengonsumsi buah dan sayur ketimbang makanan tinggi lemak. Selain, membuat kulit bersih dan bercahaya, buah dan sayur juga membuat kulit terasa lebih kenyal berisi karena kolagen terproduksi dengan baik.

3. Tidurlah dengan lelap
Menurut Profesor Dermatologi dari Universitas Southern California Alex Khadavi, MD. tidur merupakan waktu yang paling penting bagi tubuh karena saat itulah seluruh sistem sel mengisi ulang energinya dan melakukan regenerasi sel. Karenanya, pergunakanlah waktu tidur Anda dengan baik terutama di malam hari. Khadavi juga menambahkan sel kulit beregenerasi sangat cepat saat waktu tidur malam ketimbang begadang dan tidur di siang hari.

4. Jangan Stres Terlalu Lama

Stres tidak hanya membuat hari Anda menjadi buruk namun juga menjadi racun bagi seluruh aspek kesehatan tubuh. Tapi dengan segala situasi dan tuntutan, suka atau tidak kita harus berhadapan dengan stres. Cobalah melakukan meditasi ringan, bila Anda seorang muslim cobalah dengan sholat dan berdzikir. Selin itu, Anda juga bisa menggunakan terapi dengan menarik napas dalam, atau membaca buku yang kita suka, maupun mendengar cerita lucu dari orang terdekat saat stresor datang menghadang. Lakukanlah trik ini cukup selama 5 menit guna mencegah stres bercokol dalam pikiran Anda.

5. Terapi Steam Wajah
Uap atau steam adalah salah satu bentuk energi alami yang bermanfaat bagi tubuh. Anda tidak perlu merogoh kocek tebal, cukup lakukan steam face di rumah. Terlebih dahulu, bersihkanlah wajah Anda sebelum melakukan seteam. Kemudian, sediakan wadah baskom kecil kemudian isilah dengan air panas didalamnya. Biarkan uap panas keluar dari wadah itu. Lalu hadapkan wajah Anda pada uap air itu dengan jarak yang cukup. Tahan selama 10 menit, setelah itu basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

Untuk menutup kembali pori – pori yang terbuka, ada baiknya menggunakan masker wajah yang sesuai. Hal ini mencegah lubang pori yang terbuka terlalu lebar menghindari partikel debu yang kecil ataupun pasir. Akhiri langkah membersihkan muka dengan menggunakan toner atau air mawar guna menyegarkan tampilan wajah Anda.(preventionindonesia/Adi/AYB)