Sains & Teknologi Teleskop Hubble Rekam Tabrakan Meteorid


VIVAnews – Astronom akhirnya mengonfirmasikan bahwa mereka kini telah memiliki foto-foto tentang tabrakan yang terjadi antar asteroid di luar angkasa. Foto tersebut diambil oleh teleskop Hubble pada Januari sampai Mei 2009.

Saat pertamakali peneliti menemukan objek di sabuk asteroid, terlihat pola berbentuk seperti ekor di belakangnya. Awalnya, astronom mengira bahwa foto yang diambil Hubble merupakan foto komet. Akan tetapi, setelah disimak, ada partikel-partikel yang tersusun dalam bentuk X.

Diperkirakan, sebuah bongkahan batu berukuran 3 sampai 5 meter menghantam asteroid yang lebih besar dengan kecepatan sekitar 18 ribu kilometer per jam. Tabrakan tersebut menghasilkan pola berbentuk X yang ditangkap oleh Hubble.

“Kemungkinan, efek yang ditimbulkan sama dengan kekuatan bom atom berukuran kecil,” kata David Jewitt, astronom dari UCLA yang memimpin penelitian Hubble. seperti dikutip dari Livescience, 14 Oktober 2010.

Colin Snodgrass, astronom dari Max Planck Institute for Solar System Research di Katlenbrug-Lindau, Jerman menyebutkan, kini astronom dapat mengamati secara langsung jejak-jejak bekas tabrakan yang terjadi secara langsung. “Sebelumnya, kami hanya dapat mengamati bekas-bekas tabrakan yang terjadi jutaan tahun yang lalu,” ucapnya.

Setelah tabrakan tersebut, asteroid yang berukuran kecil kemudian menguap, sambil merontokkan material dari asteroid yang berukuran lebih besar. Setelah itu, tekanan dari radiasi matahari menyapu kepingan-kepingan tersebut ke belakang asteroid, membentuk ekor serupa komet.

Dari foto-foto yang diambil Hubble, diperkirakan partikel-partikel pecahan tersebut tersebar hingga 120 meter. Adapun ‘ekor’ asteroid tersebut mengandung debu berukuran 1 sampai 2,5 milimeter yang jika dikumpulkan cukup untuk membuat bola berukuran 20 meter.

• VIVAnews