Peserta Didik PENDIDIKAN KARAKTER & UJIAN NASIONAL


Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa sangat sering didengungkan … mungkin dirasa karakter anakbangsa negeri yang mayoritas beragama Islam ini makin jauh dari ajaran agama dan budaya maupun karakter negeri.

WAJAH ANAK NEGERI

Cara bicara anak negeri yang jauh dari sopan, penuh kata kotor dan caci maki, cara berpakaian yang tonjolkan lekuk tubuh, Kasus video porno yang mendunia, anggota DPR yang sering biarkan bangku kosong, aparat yang gemar berkelahi dengan rakyat, penegak hukum yang berlomba runtuhkan supermasi hukum, ulama yang gemar bertopeng, saling gontok antar instansi, tindak kekerasan terhadap aktifis yang kritis, …. dan masih banyak lagi.

Bicara karakter, para pejabat pendidikan hampir selalu katakan contonya adalah; Kepala Sekolah, Guru menyalami siswa sebelum masuk sekolah …. apakah cukup hanya sekedar bersalaman pagi hari?

KARAKTER SALING MENGHARGAI DI SMKN 36 JAKARTA

Kepala sekolah salaman dengan semua murid pagi hari … sementara puluhan atau ratusan guru-guru di sekolah itu biarkan anak didik bicara kurang sopan, tak ada pelatihan untuk berbicara baik dan benar, berpakaian tak tertib di biarkan, kelas kotor tak dipedulikan, sekolah tak bersih atau tak tertib para guru tak peduli, anak tak masuk tak dikontrol, tiba-tiba masuk saat mau ujian, guru masih memberi nilai padahal murid itu sudah keluar sekolah, anak didik bawa sepeda motor tanpa SIM dibiarkan, ….

Seluruh stakeholder sekolah jadi sangat tak peduli terhadap karakter peserta didik karena semua konsentrasi terhadap HASIL UJIAN NASIONAL yang dilakukan selama TIGA HARI … bahasa gampangnya, buat apa bersusah-susah perhatikan karakter dan budaya bangsa …. toh tak ada apresiasi, penghargaan atau atensi dari pemangku kebijakan pendidikan negeri yang masih mendorong kelulusan Ujian Nasional 100 % … akhirnya negeri makmur ini makin terpuruk ….. apa yang anda lakukan?

One thought on “Peserta Didik PENDIDIKAN KARAKTER & UJIAN NASIONAL”

Komentar ditutup.