Jakarta Macet Pada Tahun 2015….?


Enjoy Jakarta, itulah tagline promosi pariwisata di ibukota Indonesia ini. Anda diharapkan untuk enjoy alias menikmati segala sesuatu yang tersedia di kota ini, termasuk didalamnya kemacetan yang kian menyengsarakan. Setiap hari pada jam – jam sibuk, kemacetan terjadi hampir diseluruh ruas jalan, baik dalam kota maupun yang mengarah ke dalam kota Jakarta.

Ini terjadi karena, pertumbuhan luas jalan di jakarta hanya 0,01 persen pertahun. Sedangkan pertumbuhan penggunaan mobil setiap tahun yang mencapai 10 persen pertahun serta serta motor yang mencapai 15 persen pertahun. Bayangkan luas jalan di Jakarta hanya 40,1 kilometer perseg/ atau hanya 0,26 persen luas kota ini.

Sedangkan menurut data Polda Metro Jaya, pada tahun 2007 saja kepemilikan mobil mencapai 2, 2 juta dan motor 3,5 juta unit. Dengan kata lain, pertumbuhan motor baru mencapai 800 unit per hari dan mobil baru 220 unit per hari. Itu tidak sebanding dengan pertumbuhan luas jalan yang hanya 401 meter persegi saja setiap tahunnya.

Bahkan sebuah hitung – hitungan matematis, menunjukkan jika kondisi ini terus berlanjut, Jakarta akan mecet total pada tahun 2015. Akibat kemacetan ini, sektor usaha di rugikan hingga mencapai Rp 12,8 triliun pertahun, sebuah angka yang fantastis.

Enjoy Jakarta, nampaknya pengguna ibu kota ini harus terus mengurut dada, sekaligus melatih kesabaran, terjebak dalam kemacetan setiap hari. Enjoy Jakarta, nikmatilah kondisi Jakarta yang berada ditangan ahlinya. Source : metrotvnews.com

One thought on “Jakarta Macet Pada Tahun 2015….?”

Komentar ditutup.