Misteri Foto Hantu Wem Terpecahkan


London – Foto yang menyimpan misteri selama 15 tahun akhirnya terkuak. Sebuah foto hitam-putih, yang konon dipercaya berhasil menangkap penampakan hantu seorang gadis yang berdiri di depan pintu ternyata bohong. Seorang peneliti menemukan foto dari sudut lain yang memberi jawaban.

Fotografer amatir Tony O’Rahilly mengaku mengambil foto tersebut, saat Shropshire Wem Town Hall terbakar pada tanggal 19 November 1995. Setelah mencuci negatif film dan mencetaknya, O’rahilly mengklaim menangkap gambar seorang gadis muda yang mengenakan pakaian kuno berdiri menatap ke lensa kamera.

O’Rahilly, yang meninggal pada tahun 2005, selalu menyangkal berbagai ahli foto yang meragukan foto yang dijuluki “Wem Ghost” itu. Foto itu akhirnya menjadi berita di seluruh dunia.

Bahkan Warga mengklaim penampakan itu adalah Jane Churm, gadis dari 14 tahun, yang sengaja membakar ke balai kota pada tahun 1677. Tapi mata Brian Lear, 77 tahun, tak bisa ditipu.

fotoDia akhirnya mengakhiri misteri foto hantu itu. Dia mencocokkan sebuah foto kartu pos dengan sudut pandang berbeda, yang mempunyai kesamaan dengan penampakan gadis yang berdiri depan pintu sebuah toko.

Kartu pos itu dicetak di Star Shropshire, yang menampilkan jalan di Wem tahun 1922. Seorang gadis muda terlihat berdiri di ambang pintu sedag berbelanja. Foto ini menunjukkan kemiripan yang luar biasa dengan foto yang diklaim O’Rahilly.

Lear, adalah pensiunan insinyur dan sopir taksi, dari Shrewsbury, Shropshire. Dia mengatakan:”Sangat menarik untuk membandingkan dua gambar itu. Aku telah membandingkan dua foto untuk menemukan intrik bahwa gadis itu memiliki kemiripan yang mencolok dengan gadis kecil yang dianggap ‘WemGhost.’”

Gaun dan tutup kepala yang menunjukkan subyek foto itu identik.

Kini sebuah plakat ‘Wem Ghost’ yang ditempatkan di balai kota yang baru dibangun dan Wem yang diganti dengan “Ghost Town” guna ditujukan untuk menarik wisatawan setiap tahun, apakah masih manjur. Hemm..

One thought on “Misteri Foto Hantu Wem Terpecahkan”

Komentar ditutup.